Thursday, November 15, 2012

Hopjes



Waktu aku kasih tau cece ku gimana rasa hopjes yang aku buat, ternyata kata cece ku itulah rasa permen yang dulu waktu masih kecil pernah kami makan.
Setelah aku pikir, barulah teringat sama satu permen yang bentuknya dadu, dibungkus ama kertas warna coklat keemasan dan dilapis lagi sama plastik bening.
Bearti aku yang oon ya, asal makan aja tapi gak tau namanya, hahahha.............

Aku gak doyan permen.
Tapi waktu liat resep ini dan kira2nya bisa aku buat, aku coba.
Namanya juga belajar.

Hasilnya, untuk rasa enak, beneran.
Tapi ternyata si gula gak seluruhnya sukses jadi karamel, karna sewaktu dimakan, masih terasa ada butiran gula pasirnya, walaupun gak banyak.
Bungkusin permennya pake kertas minyak juga gak sama dengan gambar di buku, harusnya si permen bentuknya dadu, tapi aku bungkus asal jadi aja, biar cepet, males euy, wkwkwkwk.................

Buat yang doyan permen, resep hopjes ini bole dicoba, bahannya gampang kok.

Sumber : Primarasa Femina dari Kota Kembang Bandung

Bahan :
400 gr gula pasir
50 ml air
50 gr mentega (roomboter)
150ml susu kental manis
1/2 sdt glucose
1/4 sdt vanili bubuk
Kertas minyak, potong 6x6 cm

Cara :

  1. Lelehkan gula pasir dalam wajan di atas api kecil. Sekali2 perciki dengan air. Biarkan gula meleleh dan menjadi karamel berwarna kuning kecoklatan (suhu 180 derajat celcius bila memakai termometer gula. Alasi loyang ukuran 18x18x3 cm dengan kertas roti lalu olesi dengan mentega.
  2. Masukkan mentega dan susu kental manis ke dalam karamel, aduk rata. Tambahkan glucose dan vanili, aduk terus hinga kental (suhu 150 derajat celcius),  angkat.
  3. Tuang adonan ke dalam loyang, sisihkan. Setelah adonan dingin, keluarkan dari loyang, potong2 ukuran 2x2 cm. Bungkus masing2 potongan permen dengan kertas minyak, lalu simpan dalam wadah / stoples.


Tip :
Untuk menguji kekentalan adonan permen, siapkan mangkuk kecil berisi air dingin. Teteskan adonan, bila membentuk padatan dalam air bearti adonan sudah bisa diangkat dari api dan dicetak.

No comments:

Post a Comment