Wednesday, March 6, 2013

Soto Sokaraja





Belom pernah bikin soto daging yang kuahnya gak pake santen.
Jadi kemaren aku bikin.

Kebetulan baru beli slow cooker, jadi aku coba masak pake slow cooker.
Baca review orang, banyak yang puas masak pake slow cooker. 
Rasa masakan lebih enak karna dimasak secara perlahan, dan kalo masak daging misalnya, jadinya lebih empuk.

Masakan pertama yang aku masak pake slow cooker adalah bubur polos.
Sekitaran jam 10 malem aku masukin beras sama air, aku setel low. Besok pagi aku liat, buburnya udah jadi.
Lembut, gak ada berinjilannya sama sekali. Sukses .

Yang kedua aku masak sop bening daging sapi.
Hasilnya makyusss....
Kuahnya enak banget. Dagingnya juga empuk bener.
Uhuiiii........

Trus selanjutnya, aku pake untuk masak soto ini.
Bumbunya bener2 meresap. Dagingnya juga pasrah aja digigit, gak ngelawan sama sekali, alias empuk puk puk puk......
Mantep euy, walaupun aku gak pake kerupuk, soun, kacang kedele, dan sambelnya.

So far, aku suka en puas sekali sama panci ini.
Cocok untuk pemalas seperti aku, karna gak usah lama2 nongkrongin kompor. Hahahahaha..........

Buat yang mau coba, ini resep sotonya.

SOTO SOKARAJA
Sumber : Primarasa Sup & Soto Populer

Bahan :
600 gr daging sapi berlemak
1.500 ml air
1 1/2 sdt garam
5 sdm minyak goreng
3 batang serai bagian putih, memarkan
6 lembar daun jeruk
3 cm lengkuas, memarkan
1/4 sdt gula pasir
50 gr soun, seduh air panas, tiriskan
150 gr taoge pendek, seduh air panas
1 sdt daun bawang, iris halus
2 batang seledri, iris halus
2 sdm bawang goreng
3 sdm kacang kedele goreng
kerupuk merah goreng

Bumbu Halus :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
3 cm jahe
3 cm kunyit
1/2 sdt merica

Cara Buat :
  • Masukkan daging, air, garam dalam panci, masak hingga mendidih. Angkat daging, lalu potong2. Masukkan kembali ke dalam panci, jerang diatas api.
  • Panaskan minyak dalam wajan, tumis bumbu halus, masukkan serai, daun jeruk, dan lengkuas. Aduk hingga harum, tambahkan gula pasir, aduk, angkat. Masukkan bumbu tumis ke dalam panci isi daging. Teruskan memasak hingga daging empuk dan cairannya tinggal +/- 800 ml.


Penyajian :
Masukkan soun dan taoge ke dalam mangkuk saji, tuangi kuah soto berikut potongan dagingnya. Taburi daun bawang, daun seledri, bawang goreng dan kacang kedele goreng. Hidangkan selagi panas dengan kerupuk merah dan sambal kacang.

Resep Sambal Kacang :
2 buah cabe merah
2 buah cabe rawit
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 cm kencur
1 sdm gula merah
25 gr kacang tanah sangrai
1 sdm air asam
150 ml air
1/2 sdt garam

Cara Buat :
  • Goreng cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih hingga matang, angkat
  • Ulek cabe bersama kencur dam gula merah.
  • Tambahkan kacang tanah sangrai, ulek kembali, jangan terlalu halus.
  • Pindahkan sambal ke dalam panci kecil.
  • Tambahkan air asam, air, dan garam.
  • Jerang diatas api, masak hingga matang, angkat.






No comments:

Post a Comment